begitu lah semakin mahal biaya pendidikan, memang yang kaya bakal makin kaya yang miskin bakal nggak punya kekuatan dan daya untuk berusaha lebih mensejahterakan lehidupannya.

bagaimana tidak biaya sekolah yang berkualitas mahal, memang benar-benar, yang pinter jadi bodoh akibat ketiadaan fasilitas, ya memang banyak beasiswa banyak bantuan tapi apakah udah optimal. ya merasa bukan orang yang berada banget, jadi sekolah itu rasanya berat banget. taman kanak2 bisa menghabiskan dana yang nggak sedikit, ya kalo SD, SMP sudah mulai lumyan dengan adany BOS, tapi SMA, saat seorang anak cukup untuk memenuhi kualifikasi dari sekolah bertaraf internasional dan si anak itu juga punya keinginan yang besar untuk sekolah disana tapi karena ketiadaan kemampuan ekonomi dari orang tuanya maka mereka pun sering tidak bisa  mengecap pendidikan yang berkualitas. padahal orang yang sering memiliki prestasi dan potensi di atas rata-rata adalah mereka yang kurang mampu.

mengutip sedikit kata Filem, alangkah lucunya negeri ini, saya pun hampir tidak habis pikir dan ingin menertawakan keadaan, seandainya banyak orang dinegeri kita yang peduli dengan negaranya bukan dengan pribadinya sendiri, alangkah indahnya apalagi dunia pendidikan sangat penting dalam membangun generasi penerus bangsa

apalagi sekarang, mau kuliah, karena saya hidup di banjarmasin biarlah saya membahas banjarmasin ku tercinta. universitas negeri dibanjarmasin cuma ada satu-satunya yaitu UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT. ya dilihat dari sekarang betapa sulitnya kuliah bahkan yang paling memprihatikan dari semuanya, persyaratan yang tercantum disana menunjukkan pembayaran uang gedung yang tidak sedikit (5 jt Up untuk exact) harus dibayar sebelum daftar ulang, jadi pas daftar ulang harus bawa tanda bahwa sudah membayar, ya gak akan masalah bagi yang mampu dan kelebihan uang la bagi yang nggak mampu? haloooo itu nggak sedikit kan?

trus bagi yang mau ngambil kedokteran harus bayar minimal 60 juta untuk jalur reguler dan jalur SNMPTN undangan itu 30 juta, halo boy itu nggak sedikit apalagi bagi orang yang penghasilan keluarganya dibawah 2 juta sebulan. belum buat makan belum buat sekolah, jadi sepintar apapun kalau ngga punya uang sulit sekali kan (bukan berarti nggak mungkin).?

dan parahnya yang aku lihat disurat pernyataan bersedia menyumbang dengan ketentuan oitu tidak ada keringanan yang diberikan pihak universitas untuk yang kurang mampu, hmm bagaiaman ya? bukan kah mahal dan sulit sekali dan begitu lucu sekali ya sistem pendidikan kita?

semoga aja pihak kampus ada baca sehingga bisa memberikan keringanan biaya bagi yang kurang mampu. masa dicicil juga nggak bisa??

nggak ngerti deh pokonya bahkan aku kasian aja disisi generasi muda (bagi yang kurang mampu) susahnya minta ampun buat kuliah dan disisi lain banyak pejabat2 yang dengan tenangnya makan uang rakyat, kan akan lebih baik jika uang yang mereka makan itu buat kami2 kita2 anak2 yang mau sekolah mau kuliah, biayain donk, atau gratiskan aja.

kasian ya kami2…

NB: mohon ada yang bisa mengkarifikasi, untuk masuk UNLAM (UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT) lkenapa biaya gedung harus dikirim ke rekening REKTOR UNLAM di bank BTN bukan BNI UNLAM, dari tahun2 dulu pembayaran dilakukan dilakukan di BNI UNLAM. ckckckck ada apa kan? tolong lah jangan bikin kami yang awam berfikir macam-macam. dan kenapa juga nggak bisa dicicil. kalau di BNI UNLAM bisa dicicil tapi kenapa sekarang nggak bisa dicicil dan dikirimnya juga harus di REKENING REKTOR UNLAM DI BANK BTN?

tolong diklarifikasi dan maaf jika ada yang menyinggung karena ini semata-mata ingin mengaspirasikan pikiran dan memperjuangkan apa yang seharusnya bisa didapatkan oleh yang sedikit kurang mampu, dan mohon diklarifikasi dan di koreksi jika merasa ada yang mengganjal dan salah

wow…

May 31, 2011

terlepas dari kerutinitasan aku, sekarang lagi masa-masa berkeliling liat-liat blog orang dan faktanya ada sebuah blogger yang baru gabung maret dan sudah memiliki banyak sekali tulisan, tidak seperti aku yang sudah lama bergabung tapi tulisan baru seratusan dan kebanyakan nggak mutu. Well, memang sering hilang dan bangkit nggak tentu waktu.

Lain lagi dengan salah satu blog lainnya yang aku liat tiap hari ada saja tulisannya. ngga pernah bolong tiap hari posting sesuatu dan sesuatu itu sangat bermutu ngga kaya aku yang posting sekehendak hati tanpa punya literatur yang menguatkan setiap pernyataan ku. memang hal yang terpenting dalam menulis selain ide dan penyampaian yang bagus adalah apa yang disampaikan sesuai fakta dan kuat keberadaannya. karakteristik tulisan itu juga harus ada dalam setiap tulisan.

Tulisan yang slengean bukan menjadi masalah asal apa yang disampaikan adalah benar. meski pemilihan kata sangat brilian bahasa yang dipilih sederhana mudah dipahami tapi apa yang ditulis bukan lah sebuah fakta yang kuat maka akan sam dengan nol dan membuat image negatif tentang tulisan kita.

sekarang bagi aku sendiri dan kawan2 mungkin yang kurang dalam menulis harus sama-sama membenahi dan belajar kembali tentang bagaimana menulis yang baik.

setelah berkeliling melihat-lihat blog yang bagus dan sangat inspiratif, maka mau tidak mau aku harus bercermin tentang bagaimana semua tulisan ku disini dengan tulisan blogger lain. keaktifan dan kualitas blogger. bisa dibilang, hmm.. bukan nyatanya aku dengan blog ku sekarang adalah sesuatu yang bukan apa-apa jika dibandingkan dengan blog blog yang aku kelilingi, seperti keaktifan ku disini, hmm dari yang aktif hingga vakum bertahun tahun dan kemudian aktif lagi dengan waktu yang singkat dan kembali vakum dan seterusnya, serta setiap tulisan yang aku posting juga. tulisan kurang sekala mutunya. dari sini saja terlihat moody nya aku, tiba-tiba semangat menulis dan dalam sehari bisa menulis dan posting 3-4 judul dan lagi-lagi posting yang ku buat masih belum bermutu baik. ntar lagi vakum lagi setelah mulai mencoba aktif ya begitu banyak judul yang diposting tapi nihil juga akhirnya

akhirnya lah aku mulai membenahi apa yang sebenarnya aku suka dan menjadi hobby yang ingin aku perjuangkan, kembali mengingat2 cita-cita ku dulu dan mulai belajar untuk membuat tulisan yang bagus

dan tentu aku tidak akan menghapus posting ku meski buruk rupa sekalipun karena dari situ aku bisa melihat fase perubahan yang terjadi pada setiap tulisanku

Mengenal Potensi Diri

May 30, 2011

Banyak orang yang tidak mengetahui dimana potensi dirinya dengan benar sehingga tidak teroptimalkan apa-apa saja yang dia perjuangkan.

Saat kita kenal potensi diri kita maka kita akan bisa memperjuangkan sesuatu yang akan teroptimal kan. Bahkan bagi yang merasa tak punya potensi apapun  sebenarnya mereka punya potensi untuk mengusahakan.

Menurut saya bakat dan potensi itu berbeda, Read the rest of this entry »

memang tidak tahu apa yang pantas untuk jadi judul posting ini,

aku pernah mencintai orang dengan sepenuh hati tapi cinta ini bukan merupakan cinta yang tepat dan tidak akan pernah menjadi tepat kapanpun itu, bukan tidak tepat karena waktu tapi karena suatu keadaan yang tak akan pernah tepat.

setelah 4 tahun lebih tidak mengingat itu semua suatu hari ada ketika aku tidak mengerti keadaanku saat itu sehingga dengan konyolnya aku bilang kangen dengannya, yang tidak pernah ku sangka adalah jawaban yang keluar senada dengan apa yang aku ketik saat itu. dengan semua itu membuat aku menjadi semakin tidak mengerti perasaanku saat itu, cinta yang sangat ku dambakan cinta yang sangat aku impikan dan hanya akan bisa menjadi sebuah mimpi meski kami saling mencinta, tapi tak akan pernah tepat dan dalam kurun waktu 4 tahun lebih itu aku tidak mengingat bagaimana perasaanku dan semua yang terkait dengannya. hanya dengan satu kalimat balasan yang bernada sama membuatku lupa bingung dan tidak mengerti posisi aku sekarang berada dimana,

karena semuanya membuat aku lupa akan diriku saat ini, lupa dengan apa yang aku rasakan terhadap cinta yang saat ini dalam genggamanku. entah karena perasaan masa lalu itu yang membuat aku bersifat memalukan atau memang cinta itu tidak pernah dapat kulupakan meski cinta lain telah tergenggam.

hmm lama juga ya

April 23, 2011

sudah 6 bulan ternyata, dari pertengahan ramadhan kemaren teman gw berangkat ke turkey dan sekarang udah balik, baru aja dia pulang dari rumah gw, ya dia kerumah gw malam ni, terima kasih banget gw ma dia udah datang padahal kan harusnya gw yang datang. nah untuk tepatnya dia dateng ke indonesia lagi gw kurang tau jelas kapan waktunya.

banyak cerita menarik dari kisahnya, ya gw sedikit terobsesi dengan beberapa kebudayaan di daerah yang asing bagi gw. ada yang lucu ada yang ngegemesin ada yang nyebelin ada yang bikin kesal ada yang bikin heran ada yang bikin tempramen. ya banyak lah campur aduk.

huwaa makin pengen aja keluar negeri, yah tapi kalau seandainya jadi berjodoh dengan si dia kemungkinan besar susah banget kayanya impian gw ini kecapai ya kecuali ma dia juga keluar negerinya ya kali ni bakal jadi impian gw entah bagaimana caranya. tentunya tidak melupakan juga ibadah yang keluar negeri (makkah).

beberapa negara yang gw pengen banget datangi(mekkah tidak terhitung sebagai trip ge tapi sebagai ibadah

negara yang gw sebutkan ini juga berdasarkan prioritas negara mana yang paling-paling paling paling gw ingin datangkan…

1. south korea

hmm gak cocok deh dibicarakan disini nanti gw bikin posting yang baru aja lagi.

sambung tentang temen gw, banyak cerita yang hadir dalam langkah yang dia ayunkan ke turkey pengen banget gw mencoba untuk mendapatkan kesempatan yang seperti itu, meski tak banyak juga cerita sedih dan menyakitkan disana, tapi gw interest banget rasanya, yah semoga perasaan ini tidak membuat gw lupa dengan jati diri gw sebenarnya. ya jangan nyampe latah-latahan dah, hembeeeeee

moga manfaat yaaa

dah cape

April 15, 2011

udah mau jam 1 malam, udah capek mau bobo besok kerja keras luar biasa, oke deh gw bobo dulu.

gw harus bisa. semangat ayo semangat

ga perlu dibaca

April 15, 2011

kenapa begitu karena e karena mamang gw tulis posting ini bukan untuk di baca tapi kalao mau baca juga nggak masalah sih gw terbuka aja kalo tulisan ini di baca, klo ngga ya ngapain gw posting ya kan?

setiap hal itu punya makna dan hikmah dibalik semuanya, bahkan dari hal yang sama sekali tak bermakna mengandung sebuah manfaat yang tak pernah dibayangkan oleh yang tertutup hatinya

sekarang jam 12 semua kerjaan nggak ada yang beres hanya karena satu alasan aja, kekonyolan mengikuti kehendak orang yang berarti bagi ku.

banyak yang terkorbankan pada saat ini, semua hampir, membuatku tertekan, dia, tugas, laporan, laporan lagi, kuliah. sebel dengan semuanya. kalau terus begini sama halnya gw menyesali dan kesannya malah nggak nerima takdir akhirnya melihat sisi positifnya, keluarga ku adalah hal yang paling berharga yang gw miliki. tidak masalh lah untuk keluarga ini semua yang gw punya gw korbankan, selagi gw masih tidak kehilangan gw. nggak kehilangan kasih sayang mereka.

wah maaf ma, bah, dink, aa. dan terima kasih atas semua yang telah diberikan kepada ulun.

tetang keluarga, gw jadi mikir lagi akan kah gw sanggup menjadi istri yang bisa mengerti suami gw tanpa harus memendam rasa sakit hati dan tertekan atasnya. dari sekarang saja dia tak pernah berbagi cerita ma gw. ada masalah dia nggak pernah ngajak gw bertukar pikiran, dimatanya gw hanya anak kecil, gw hanya orang dewasa yang kekanak2an yang tak bisa dewasa. selalu salah, meski dia sayang dan mencintai bahkan care luar biasa, gw juga akhirnya nggak bakal tahan kalau harus seumur hidup menanggung perasaan tertekan, hidup berkeluarga bukan hanya masalah enaknya saja, bukan masalah pemenuhan kebutuhan biologis, seksual, kesenangan tapi masalah menyatu kan dua pikiran yang tak pernah bisa disatukan sehingga perlu pengertian satu sama lain,

aku juga akhirnya akan sangat susah untuk menjadi orang lain, menjadi sosok yang dia inginkan. sosok ilusi yang dia inginkan dari gw yang bukan seperti yang dia inginkan, gw nggak bakal bisa kalau harus terusterusan merubah diri untuk menjadi sepenuhnya apa yang dia inginkan. dia takkan tahu kalau gw nangis terus ketika merasa tertekan atas semuanya, gw bertahan dan menahan2 agar tetap bisa menjadi yang terbaik baginya. tapi semakin aku mencoba semakin dia menuntut, semakin dia dengan mudahnya terus menyalahkan ku atas semua yang ku lakukan yang tak sesuia dengan pikirannya, setiap orang tentu akan berbeda pemikirannya tapi untuk sekedar mengerti apakah tidak bisa dia lakukan. aku tak akan pernah lagi membuatnya menuruti apa yang ku inginkan dari sikapnya.

dulu dia takut kehilangan gw, tapi sekarang dia tak lagi merasakan itu. tak ada lagi hasrat dia untuk bersama ku, bahkan baginya sekarang tak ada masalh kalau dia tak bersama ku. dia sudah capek akhirnya, setelah sekian lama, mungkin cintanya sudah hilang hingga ingin diri ku berubah sesuai dengan keinginannya. mungkin kalau gw nggak bisa berubah cintanya hilang akibat bosan dan dengan begitu gw pergipun takkan pernah menjadi masalah baginya.

yah akan lebih baik seperti itu lah,daripada setelah menikah baru pisah, sakit pasti tapi aku tebak sakit ini tidak melebihi rasa sakit bisa suami yang meninggalkan gw.

gw bingung gw harus ngapain, kita liat aja gimana cerita gw. Gw juga dah pasrah, secinta apapun gw mngkin gw nggak tahan jg akhirnya kalo gini mulu,…

memang susah untuk menjadi saling mengerti masing-masing punya ego untuk menjadikan pasangannya seperti apa yang dia inginkan.

meski begitu aku sangat mencintaimu.